Bonus Keinginan

Sudah pertengahan tahun lagi. Waktu bergulir dan bagi yang aktif dengan berbagai kegiatan, tahu-tahu sudah di pertengahan tahun. Tahun 2011 ini dapat dikatakan tahun penuh aktivitas. Baru saja selesai dengan satu pekerjaan, pekerjaan lain sudah menanti. Baik yang sifatnya rutin maupun insidental.

Tahun ini pun ada dua buku yang terbit. Satu buku merupakan edisi cetak (edisi e-book diterbitkan Evolitera) dari kumpulan catatan. Buku yang lain merupakan hasil Kongres Studi Belanda 2010 lalu. Pada buku yang kedua saya bertindak sebagai editor bersama dua rekan. Kedua-duanya membutuhkan kerja keras di sela-sela menjalani tanggung jawab sebagai Koordinator.

Ketika saya membaca buku hasil Kongres Studi Belanda 1995 tidak terbersit pun keinginan menulis dalam buku itu. Barulah ketika membaca buku hasil Kongres Studi Belanda 2000 (ketika itu saya di Makassar) keinginan untuk ikut menyumbangkan tulisan itu muncul. Hasrat itu hanya tersimpan. Pada Kongres Studi Belanda 2005 saya diminta menyumbangkan tulisan. Hasrat lama bersemi kembali. Beragam perasaan berkecamuk. Ketika buku hasil Kongres Studi Belanda itu terbit, saya teringat ketika pertama kali muncul keinginan ikut menyumbang tulisan. Rupanya tidak hanya berhenti di situ. Allah memberi saya bonus. Pada buku hasil Kongres Studi Belanda 2010, nama saya tercantum dalam sampul bukunya. Alhamdulillah.

Ada pelajaran yang bisa saya ambil dari hal ini. Keinginan kita walaupun kecil dan itu bermanfaat bagi diri sendiri dan orang, Insya Allah akan dikabulkan dan bahkan diberi bonus. Silakan mencoba!

Masih banyak keinginan lain yang belum terwujud. Naskah-naskah lain sudah menunggu untuk disunting dan semoga dapat diterbitkan dalam waktu yang tak lama lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *