(Bukan) Tabu di Nusantara

Bulan Agustus, September, dan Oktober merupakan bulan-bulan penuh kesibukan. Kesibukan masih akan berlanjut menjelang akhir tahun. Di sela-sela kesibukan ada kabar gembira. Akhirnya setelah sekian lama menjalani proses, buku (Bukan) Tabu di Nusantara terbit.

Proses penerbitannya menghabiskan waktu lumayan lama. Saya masih ingat ketika membawa naskah itu ke penerbit Kompas di Palmerah tahun 2016. Putri terkecil saya yang berusia enam bulan ikut serta. Pada saat dalam perjalanan pulang, kami sempat ‘terdampar’ di sebuah perkampungan di tengah-tengah ‘belantara’ Jakarta untuk beristirahat dan shalat Mahgrib. Tidak mengherankan ketika buku itu sampai di rumah, si cilik mendekapnya erat-erat, tak mau melepaskannya seperti jumpa sahabat lama. la menunjuk foto saya di bagian sampul belakang. ‘Ayah…ayah!,’ teriaknya gembira.

Proses penyuntingan dan pemilihan sampul juga menjadi hal menarik dan penuh dinamika. Ada dua versi sampul yang dibuat. Pilihan akhirnya pada versi kedua karena versi pertama sudah ada yang mengggunakan. Terkadang ada hal yang luput dari koreksi saya. Tak jarang saya harus melihat kembali draf naskah di tengah-tengah kesibukan membuat laporan, artikel ilmiah (kewajiban Universitas) dan mempertimbangkan pilihan kata yang digunakan. Itu baru proses penyuntingannya. Beruntung, editor yang bekerjasama dengan saya sangat baik. Lalu bagaimana dengan proses penulisannya? Berapa waktu yang dihabiskan untuk menulisnya? Pertanyaan-pertanyaan ini juga diajukan ketika saya bertandang ke redaksi penerbit Kompas. Saya menjawab proses penulisan buku tersebut seiring dengan perjalanan penelitian saya selepas S2 dan di sela-sela penelitian untuk disertasi. Terkadang, kita menemukan hal menarik yang tak mungkin dimasukkan dalam naskah disertasi. Kumpulan data dipadu dengan buku-buku dari para pakar diramu menjadi kumpulan tulisan (bukan) tabu ini.

Gagasan untuk menerbitkan seri berikutnya kembali muncul. Mudahan-mudahan dapat terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *