Harapan Awal Tahun 2021

Tahun 2020 lalu, di awal tahun dimulai dengan rasa optimisme. Tak ada yang menyangka, beberapa bulan kemudian, situasi darurat menjungkirbalikkan keadaan. Pandemi Covid-19 menjadi ‘kendala’ untuk melakukan kegiatan, terutama yang berhubungan dengan mobilitas dan bertemu orang banyak. Awalnya banyak yang berharap pada pertengahan tahun kondisi sudah semakin baik dan dapat kembali berkegiatan. Namun, kenyataan berkeinginan lain. Situasi justru semakin memburuk hingga tutup tahun 2020.

Jujur saja, meskipun tahun lalu hampir semua kegiatan dilakukan dari rumah, beberapa pencapaian dapat diraih. Entah itu artikel untuk jurnal ilmiah, hasil penelitian maupun karya-karya lainnya (lihat ‘Penutup Tahun Masa Pagebluk’). Hasil yang dapat dikatakan tipis-tipis tapi tebal. Sementara itu beberapa kali (dapat dikatakan sangat minimal), saya terpaksa melakukan kegiatan di luar rumah, seperti kegiatan shooting (bahan ajar), penelitian di Perpustakaan Nasional, mengunjungi toko buku, mengikuti sosialisasi di sebuah hotel. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dalam rentang waktu panjang. Maksudnya antara satu kegiatan dengan kegiatan lain jaraknya dilakukan dalam hitungan bulan. Terakhir, melakukan kegiatan yang berhubungan dengan mengambil hasil ‘jerih payah’ duduk berlama-lama di depan laptop di rumah.

Tahun 2021 ini rencana-rencana masih berkecamuk dalam pikiran dan berupaya untuk dituangkan. Sebenarnya ada beberapa ide terkait situasi sekarang. Namun, itu tidak akan saya tuangkan di sini. Setidaknya, seperti dalam beberapa tulisan saya sebelumnya, sebagai upaya untuk menjaga supaya tetap ‘sehat’, ‘waras’. Hal ini merupakan keharusan dan harus tetap dilakukan. Di samping menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa kegiatan yang dapat saya tuangkan di sini, antara lain rencana penelitian (entah itu mendapatkan dana hibah atau tidak) sudah ada. Lalu menulis beberapa artikel untuk book chapter dan memperbaiki artikel yang ada (ini benar-benar kerja keras). Kemudian rencana draf buku (sebenarnya dari tahun lalu) yang perlu untuk diperbaiki dan dirapikan. Selanjutnya menyiapkan beberapa bahan ajar berdasarkan hasil webinar tahun lalu yang mungkin bekerjasama dengan pihak lain. Satu hal penting yang luput dikerjakan tahun lalu adalah persiapan untuk kenaikan pangkat. Padahal beberapa persyaratan yang diperlukan sudah dipersiapkan. Namun, situasi dan ketidaktahuan mengenai prosedurnya membuat kegiatan tersebut berhenti.

Kegiatan-kegiatan yang direncanakan tahun ini diharapkan dapat terwujud di tengah kecemasan dan upaya tetap menghidupkan semangat optimisme. Semoga tetap diberi kesehatan, segalanya dilancarkan dan dimudahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *