0

Target di tahun 2019

Tahun 2019 sudah berjalan hampir sebulan. Agenda tahun ini pun sudah mulai dicanangkan. Capaian tahun lalu dievaluasi dan dilihat kembali. Mana yang harus diperbaiki dan mana yang perlu ditingkatkan. Tahun lalu diwarnai dengan dua buku dan berbagai artikel yang ditulis sendiri dan yang berkolaborasi dengan rekan serta beberapa mahasiswa. Artikel-artikel itu pun sudah dipresentasikan in konferensi. Bahkan, artikel-artikel itu sempat dikonsultasikan dengan seorang pakar di Belanda.

Artikel yang berkolaborasi dengan rekan pengajar dan para mahasiswa adalah ‘Dutch Language in Education in Indonesia After the Transfer of Sovereignty 1949-1950s’, ‘Becoming Multicultural: Dutch Language Contact! Nederlands voor anderstaligen (2014)’, ‘The Downfall of the Dutch Press in Indonesia 1950-1957’, dan artikel kolaborasi dengan rekan yaitu ‘Cultural Values Transformation of Depok Society in West Java Across the Time.’ Artikel-artikel ini belum dipublikasi, masih harus melalui proses panjang.

Tahun 2018 lalu bepergian ke mancanegara dan luar kota untuk berbagai urusan. Kegiatan tersebut berhubungan dengan kegiatan sekedar berlibur, kursus, penelitian, dan kegiatan seminar. Ada juga kegiatan yang berhubungan dengan penulisan buku sejarah DPR di Indonesia yang terdiri dari berbagai bab. Saya beserta rekan-rekan dari Departemen Sejarah menjadi salah satu tim penulis salah satu bab. Hal menarik kegiatan bepergian ini berhubungan dengan rencana penelitian dan penulisan buku yang akan saya lakukan tahun 2019.

Tahun 2019 ini dibuka dengan satu artikel persembahan untuk purna bakti Dr. Kees Groeneboer yang telah bertugas di Indonesia, khususnya prodi lebih dari 30 tahun. Artikel tersebut dimasukkan dalam Weg to het Oosten. Saya menulis pandangan turistik dalam karikatur Oscar Fabrés , karikaturis cum jurnalis asal Cile, di Hindia-Belanda pada tahun 1930-an. Karikatur Fabrés dimuat dalam Bataviaasch Nieuwsblad dan Het Nieuws van den dag voor Nederlandsch Indië.
Tahun ini dibuka juga dengan bepergian ke luar kota yaitu kota Malang di Jawa Timur. Setelah sekian lama dan beberapa tahun lalu (sekedar lewat) akhirnya tiba juga di kota ini. Ada satu rencana penelitian di tahun ini yang berhubungan dengan kota Malang.

Rencana penulisan dan perbaikan artikel untuk jurnal internasional (terscopus jika tercapai) dan nasional, kolaborasi penelitian, penulisan buku kembali masuk dalam agenda tahun ini. Semoga, semua dimudahkan dan dilancarkan.

achmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *