Lawatan Oscar Fabrés ke timur Nusantara

fabres-harimau

Pada tahun 1932 seorang kartunis kelahiran Chili yang juga menjadi jurnalis Prancis Oscar Fabrés (1894-1960) berkesempatan mengunjungi Hindia-Belanda atas undangan pengurus Alliance francaise Batavia.  Ia berkunjung ke Hindia bersama istrinya Alice Voorduin yang merupakan seorang perempuan Belanda. Ketika itu Fabrés yang pernah studi di Paris pada tahun 1920-an merupakan editor untuk surat kabar Prancis Le Petit Journal. Namun menurutnya ia tidak terikat dengan surat kabar itu sehingga ia dapat bebas bepergian ke mana-mana.

Di Batavia Fabrés diundang untuk berceramah dan berbincang-bincang dengan anggota Alliance francaise. Acara tersebut diadakan di aula lantai atas Hotel des Indes 2 November 1932 pukul 9 malam. Fabrés memberikan ceramah dengan judul ‘A travers Paris’ , demikian ungkap surat kabar pagi Batavia Bataviaasch Nieuwsblad edisi 2 November 1932.

Kunjungannya ke timur jauh dimanfaatkan Fabrés menulis catatan dan membuat karikatur tentang negeri tersebut. Secara khusus Fabrés mendapatkan tugas dari Stoomvaart Maatschappij Nederland, sebuah perusahaan pelayaran Belanda untuk menyusun buku yang berjudul Un Voyage à Java (1938). Tidak banyak artikel yang membahas jurnalis cum karikaturis ini. Sebuah artikel menarik dari Liesbeth Dolk dengan judul ‘Rijsttafelen met Fabrés. Een korte signalering’ (2004) membahas pengalaman Fabrés di Hindia (Batavia) dengan hidangan rijsttafel yang terkenal. Dolk membandingkan Fabrés yang wafat di New York pada 1960 dengan karikaturis alias juru gambar lainnya, seperti Jo Spier (1900-1978) dan Meeteren Brouwer (1882-1974) yang juga menyajikan rijsttafel dalam karya-karya mereka.

Selain berkunjung ke Jawa, Fabrés yang pindah dari Eropa ke Amerika ketika Perang Dunia II meletus, juga melakukan perjalanan ke Sulawesi dan Kepulauan Maluku. Hasil perjalanannya dimuat dalam surat kabar terbitan Batavia Het Nieuws van den dag voor Nederlandsch Indië Januari 1933 hingga Maret 1933 dengan judul Molukken Reis (Perjalanan Kepulauan Maluku). Selain menulis artikel, Fabrés membuat ilustrasi yang menghiasi artikel-artikel tersebut menarik untuk dikaji. Untuk International Conference on Nusantara Studies (ICONS) 2016 yang diselenggarakan di Universitas Indonesia pada 24-25  November 2016 saya menyajikan makalah mengenai pengalaman Fabrés di wilayah timur Nusantara pada 1932 berdasarkan artikel dan karikatur yang dibuatnya untuk Het Nieuws van den dag voor Nederlandsch Indië.

Berikut abstrak makalah tersebut.

Go to East: The Journey of Oscar Fabrés to Eastern Archipelago in 1932

 In 1930’s visited a French journalist and caricaturist Oscar Fabrés (1894-1961) the Netherlands Indies. One of his journey was to the east Indonesian archipelago (Celebes and the Maluku Islands) in 1932. He wrote series of articles Molukken Reis on his experience in Het Nieuws van den dag voor Nederlandsch Indië, the Netherlands Indies’ newspaper from 27 January to 24 March 1933. This article traces the experience of his journey to the islands, especially from his illustrations (caricatures) in Het Nieuws van den dag voor Nederlandsch Indië. Which objects that he showed and how he described the islands in his caricatures are the questions of this article. By using the historical method and orientalism approach it shows that the idea of his cartoons have the western influence. His works contained also the information about the islands which compared as a guide book.

Ilustrasi:

Salah satu karikatur Oscar Fabrés dalam Het Nieuws van den dag voor Nederlandsch Indië, 9 Februari 1933

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *